Belitangzone. com - Fitur search pada Facebook relatif susah digunakan untuk mencari posting, video, atau artikel yang pernah berkunjung di news feed namun sudah terlewat. Walau sebenarnya, sekali waktu pasti ada post menarik yang akan berguna bila bisa diliat kembali dengan mudah.
Nah, dari pada sebagian sulit melakukan scrolling untuk mencari satu post, Facebook sesungguhnya menyediakan langkah praktis yang dapat digunakan untuk menyimpan posting yang berkaitan dalam satu laman khusus.
Dengan begini, pengguna dapat menaruh bermacam posting menarik dan membukanya lagi dengan mudah dan cepat, jika setiap saat ingin diliat.
Facebook sesungguhnya telah menyematkan fitur “save” untuk posting mulai sejak dua tahun waktu lalu. Tetapi, mungkin belum banyak pengguna yang tahu masalah fitur berguna ini.
Lalu, bagaimanakah cara menggunakannya? Ikuti langkah simpel berikut, seperti dirangkum KompasTekno dari PC World, Rabu (4/4/2016).
Langkah " save " posting di Facebook
Di kotak posting yang bersangkutan, click tanda panah ke bawah yang terdapat di sudut kanan atas. Satu menu drop-down akan nampak dan menghadirkan beberapa pilihan yang dapat dipilih.
Satu diantara pilihan akan berbunyi “save post”, “save link”, atau “save video”, bergantung type content yang diupload melalui posting berkaitan. Dapat pula berbunyi “save product” jika post mengandung tautan ke website e-commerce.
Sumber Gambar : Oik Yusuf/KOMPAS. com
Pilihan untuk menyimpan posting pemakai lain di Facebook serta lokasi penyimpanan saved post (panah merah)
Pilihan berikut yang perlu di-klik untuk menaruh posting ke satu laman spesial di Facebook. Selesai menyimpan, akan muncul satu pemberitahuan yang menginformasikan pengguna kalau aksi “save” sudah sukses dikerjakan.
Langkah diatas dapat juga dikerjakan pada Facebook versi mobile yang dibuka melalui browser ataupun aplikasi.
Sumber Gambar : Oik Yusuf/KOMPAS. com
Posting yang disimpan akan muncul di laman khusus
Untuk lihat daftar menulis yang sudah disimpan, click menu “Saved” yang terdapat di sudut kiri penampilan antarmuka “home” di Facebook, dibagian “Favorites”. Bisa juga dengan mengarahkan peramban ke alamat www. facebook. com/saved.
“Save” langsung dari situs web
Dalam konferensi F8 yang berlangsung April lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyampaikan kalau feature save menulis dipakai oleh 250 juta pemakai media sosial itu setiap bulannya.
Pada saat yang sama, Facebook turut mengenalkan tombol “Save to Facebook” untuk laman situs.
Fungsinya sama juga dengan fitur save posting di Facebook. Bedanya, pemakai dapat meng-klik tombol ini saat berkunjung ke satu laman situs yang tengah dikunjungi untuk langsung menyimpannya dalam daftar “saved post” Facebook.
Cara kerja tombol “Save to Facebook” bisa dibilang serupa dengan fitur sama yang telah lebih dahulu ada melalui Pinterest.
Walau demikian, belum banyak publisher situs yang menanam tombol ini di situsnya. Satu diantara pihak yang pertama kali menyematkan “Save to Facebook” yaitu layanan ritel on-line, Amazon. [Belitangzone.com / Kompas.com